Cat Rumah Anda Cepat Kusam? Simak 4 Tips untuk Membersihkannya

Pernahkah Anda kesal karena mendapati tembok rumah lembab sehingga menimbulkan bau dan ruangan menjadi tidak nyaman? Selain menimbulkan udara yang tak sehat, tembok lembab juga akan mempercepat pengelupasan cat. Meski sebenarnya pengelupasan cat juga bisa disebabkan karena proses pembangunan yang kurang sempurna, seperti ketika tembok yang belum kering tapi cat sudah buru-buru diaplikasikan.

Kondisi seperti itu tentu membuat Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk perawatan dan membeli cat baru atau bahkan harus membongkar tembok agar tak lembab lagi. Untuk itu simak tips agar cat tak mudah pudar dan mengelupas di bawah ini.

1. Bersihkan dinding
Bagi keluaga yang masih mempunyai anak kecil, rasanya cukup sulit mempunyai dinding yang tetap bersih seperti baru dicat. Ada saja noda yang menempel di dinding tanpa kita tahu. Karena itu segera bersihkan sesaat setelah tahu ada noda yang menempel di dinding. Hal itu bertujuan agar noda yang menempel tidak terlanjur lengket.

Ketika dinding baru selesai dicat, sebaiknya tunggu sekitar dua minggu untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dari proses pengecatan untuk menunggu cat benar-benar kering sehingga aman dibersihkan.

2. Lakukan pengecekan secara berkala
Sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala terhadap cat dinding rumah Anda. Bisa jadi ada sisa kotoran cicak, maupun debu-debu yang menempel. Semakin lama waktu pengecekan, semakin kotor dan kusam cat pada dinding Anda. Jangan tertipu pada kondisi cat dinding yang tampak masih bagus, padahal debu yang menempel sudah cukup tebal. Jika Anda malas, maka cat di dinding rumah Anda tak akan memerlukan waktu lama untuk segera pudar

3. Carilah sumber kebocoran
Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa salah satu sebab cat cepat mengelupas karena lembabnya dinding. Karena itu coba Anda cari sumber kebocoran di rumah Anda. Jika bukan di genteng, bisa jadi ada tembok yang rembes karena terlalu dekat dengan sumber mata air di rumah Anda.

4. Buka jendela atau ventilasi
Sehatnya sebuah rumah dapat dilihat dari banyaknya cahaya yang masuk ke dalam rumah. Membuka jendela atau membuat ventilasi di ruangan adalah salah satu cara untuk menghindari kelembaban pada dinding. Sehingga ketika terjadi kebocoran, dinding akan mengering dengan sendirinya karena sirkulasi udara dan cahaya yang baik masuk ke dalam ruangan ruamh Anda. Oiya, sebaiknya cat ulang ruangan-ruangan di mana paling sering terjadi aktivitas di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *